Skip to content

Perkemahan Sabtu Minggu

April 16, 2010

Yupi itu dia salah satu kegiatan kami terakhir, belum lama sih, tanggal  27-28 Maret lalu. Bersama Kakak-kakak Pendamping dari Jogja, kami diajak berkegiatan macam-macam di hari Sabtu dan Minggu itu.

Sabtu sore acaranya dimulai dengan doa pembukaan, bernyanyi, dan tentu saja berlanjut dengan berbagai permainan kreatif. Kami diajak bermain lempar bola, trus kejar-kejaran mencari kawan dalam lingkaran dan beradu cepat memakai sandal besar yang dipakai bersama. Senanggg dan gembiraaaa….kakak-kakak selalu saja mengingatkan kami agar belajar dari permainan ini.

Wah ternyata orang tua kami juga bangga dan senang dengan berbagai kegiatan kami di sini.  Mereka ternyata diundang untuk ikut nonton film sore ini bersama kami. Pak Ngadimin sebagai wakil orang tua mengharapkan berbagai kegiatan seperti ini akan terus diadakan tahun-tahun mendatang. Dia mengungkapkan senang sekali melihat kami berkegiatan kreatif dari sore hingga hampir malam di sekolah ini. Kata kakak-kakak, mereka diundang supaya ikut memperhatikan pendidikan kami juga. Kami makin bangga ketika film diputar karena yang menjadi pemain adalah teman-teman kami sendiri dan lokasinya di sekolah kami! Itu berkat kakak-kakak dari Jogja juga sehingga kami punya rasa percaya diri yang sangat besar untuk main di film ini. Judunya Wulang-Walang-Weling. Ceritanya tentang persahabatan tiga orang anak dan usaha mereka belajar bersama dalam suka dan duka.

Habis memutar film, kami pulang untuk tidur di rumah kami masing-masing. Mau tidur di sekolah sepertinya kurang memadai jadi kami pulang saja. Kakak-kakak yang kemudian ikut tidur di rumah Pak Pawiro. Eh ternyata di sana mereka malah belajar cara membuat gula kelapa. Hmmm…kami boleh bangga karena kami lebih pintar dari mereka dalam soal ini. Kami ikut kumpul-kumpul dengan mereka lho. Minum teh hangat, kopi, sama singkong rebus. Hmmm…enak kan….dan jelas ketawa-ketawa…

Minggu pagi kami sudah tidak sabar berkegiatan, jadi kakak-kakak kami yang bangunkan untuk segera memulai acara. Minggu ini kami mau jalan-jalan bersama keliling kampung naik turun bukit dan bermain bersama.  Kami dibagi menjadi empat kelompok.

Nah setelah semua siap dimulailah acara kita ini, pertama kami bermain di halaman sekolah. Di halaman sekolah ini kami bermain “Menyeberang Rakit”. Setiap kelompok harus beradu cepat menyeberangkan semua anggotanya pada jarak 15 meter dengan 2 buah papan yang panjangnya 1 meter. Wah perlu kerjasama dan kerja keras ya…    Selanjutnya, kami diajak  berjalan menuju ke sungai. Sesampainya di sungai, mereka akan mengikuti permainan berikutnya, yaitu “Pipa Bocor”. Setiap kelompok akan beradu cepat untuk mengisi pipa dengan air sampai penuh. Namun pipa yang akan diisi tersebut terdapat beberapa bagian yang berlubang. Oleh karena itu, peserta harus berbagi peran. Ada yang bertugas mengambil air di sungai, ada yang berlari membawa air, ada pula yang harus menutup lubang pipa dengan tangan.

Saatnya mengikuti permainan ketiga, yaitu “Flying Water”. Dalam permainan ini, tugas setiap kelompok adalah menangkap plastik berisi air menggunakan kain, yang dilempar oleh temannya. Ada peserta yang bertugas mengisi plastik dengan air sungai, ada peserta yang melempar, ada juga dua orang peserta yang menangkap plastik dengan kain. Di sini diperlukan kerja sama tim, pembagian peran, serta ketepatan dalam melempar dan menangkap air. Yang dinilai adalah jumlah plastik utuh yang berisi air, yang berhasil ditangkap oleh setiap kelompok.

Akhirnya selesai juga semua permainan itu. Kami banyak yang basah karena air dan keringat..tapi kami gembira dan senang. Kamipun kembali menuju sekolah. Waktunya untuk bersih-bersih dan berganti pakaian. Kami berkumpul lagi di aula sekolah. Sambil beristirahat, kami menonton lagi sebuah film yang cukup menarik, film “Laskar Pelangi”. Sambil menikmati bekal makanan, kami menonton dengan antusias. Rasa capek karena permaianan tidak begitu kami rasakan.

Akhirnya tiba saat untuk berpisah. Waktu sudah menunjukkan pukul 12 siang. Usai menonton film, kami diajak merefleksikan kembali apa yang diperoleh dari kegiatan dua hari ini. Kami belajar banyak soal kebersamaan, keteguhan, percaya diri, kerja keras, dan keuletan. Jadi janganlah kita berhenti berharap dari mimpi dan cita-cita kita. Semua harapan itu tidak ada yang tidak mungkin, asalkan kita selalu bersemangat dalam belajar, berusaha, dan saling bekerja sama.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: